Semua orang punya ide brilian bernilai Miliaran. Masalahnya adalah, kita tidak pernah bisa mewujudkannya. Ide hanya tinggal ide.

Dengan begitu banyak distraksi, seperti media sosial, messenger, film berseri, meeting dan tugas yang bukannya berkurang malah semakin menumpuk, mengakibatkan goal penting jangka panjang yang tidak terlalu terasa urgen akan terlupakan dengan berjalannya waktu.

Namun Robin Sharma punya trik cantik supaya kita bisa mewujudkan ide dan goal seperti itu. Dia menyebutnya Aturan 90-90-1. Aturannya sangat sederhana:

Dalam 90 hari ke depan, alokasikan 90 menit setiap hari untuk satu peluang terbaik yang ingin kita kejar. Nol distraksi. Tidak ada yang lain. Jadikan peluang tersebut kenyataan. Titik.

Artinya Anda harus mematikan notifikasi email, silentkan HP, buat status anda di messenger menjadi Busy, dan tutup semua tab media sosial di browser, dan semua distraksi.

Apapun jenis peluang penting itu, apakah dia adalah sebuah proyek, produk, skill, fokuslah 90 menit saja dalam sehari untuk mewujudkannya, dan lakukan secara konsisten dalam tiga bulan, bisa dipastikan anda akan mendapatkan progress yang bikin anda kaget.

Jika 90 menit terasa terlalu berat bagi Anda, modifikasi aturan menjadi 45-45-1, 30-30-1, atau bakan 15-15-1.

Intinya adalah mulai saja lakukan. Tingkatkan sedikit demi sedikit hingga anda heran sendiri dengan kemajuan yang Anda dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here