Tahukah anda tugas utama kita dalam hidup ini? Ya, tugas utama kita sesungguhnya sangat sederhana: untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan urusan dalam hidup, sehingga kita tau persis, mana urusan yang bersifat eksternal dan di luar kontrol kita, dan mana urusan yang bersifat internal dan dalam kontrol kita, serta apa yang harus kita lakukan dengan dua hal ini.

Hal terpenting yang mesti kita sadari lakukan adalah, membedakan antara hal yang mampu kita ubah, dan hal yang diluar kendali kita sehingga nyaris mustahil bisa kita ubah.

Mana hal yang ada dalam lingkaran pengaruh, dan mana hal yang hanya bisa masuk ke dalam lingkaran peduli.

Jika anda sedang menunggu penerbangan, dan mengalami delay karena kondisi cuaca, maka gerutuan anda di dalam hati apalagi teriakan ke staff yang bertugas tentu saja tidak akan membuat cuaca berubah menjadi bagus.

Yang bisa anda lakukan dengan segera adalah mengatur ulang jadwal pertemuan di tempat tujuan anda dan seterusnya.

Jika anda fokus pada hal yang tidak bisa anda ubah, maka sebenarnya anda sedang membuang-buang energi dan waktu anda yang berharga pada urusan yang bisa anda ubah.

Jika mulai hari ini anda fokus memisahkan mana urusan yang masuk ke dalam lingkaran kontrol pengaruh anda, dan mana yang tidak, maka bukan saja hidup anda akan lebih bahagia, maka anda akan selamat dari situasi dimana anda melakukan peperangan di medan tempur yang sama sekali tidak bisa anda menangkan.

Mulailah cerdas mengambil keputusan. Pilihan ada di tangan anda, ingin menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bisa anda ubah, atau fokus pada hal yang dengannya anda bisa menjadi lebih baik, lebih bahagia, dan lebih produktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here