Pada saat kita ingin menjalankan perintah via ssh di remote console, terkadang perintah yang kita jalankan bisa berlangsung lama, bahkan berjam-jam.

Jika session kita terputus maka otomatis terminal tertutup dan program yang sedang kita jalankan akan terminate.

Bayangkan kesalnya jika anda sedang mendownload file yang cukup besar di remote server, lalu ketika sudah tinggal sedikit lagi, prosesnya terminated karena koneksi terputus.

Agar session tetap ada saat kita disconnected dari remote session, kita bisa menggunakan screen, agar kita bisa meninggalkan session, kemudian memasuki session tersebut kapan saja kita inginkan, bahkan setelah keluar dari ssh session.

Jika belum terinstall, jalankan perintah dibawah ini untuk redhat based linux:

sudo yum install screen

atau perintah berikut di debian based linux:

sudo apt install screen

Setelah terinstall, cukup jalankan perintah dibawah ini untuk menggunakan screen:

screen

Lalu jalankan perintah yang anda ingin jalankan. Misalkan mendownload file dengan ukuran puluhan GB menggunakan wget. Ketika download in progress, anda bisa detach dari screen sementara proses tetap berjalan, dengan menekan kombinasi tombol berikut: ctrl+a+d

Ketika kita ingin attach kembali ke screen session yang tadi kita tinggalkan, pertama-tama kita cek dulu session screen apa saja yang ada, dengan menjalankan perintah berikut:

screen -ls
There are screens on:
119217.pts-3.webhosting1200 (Detached)
344074.pts-13.webhosting1200 (Detached)
825035.pts-1.webhosting1200 (Detached)
650824.downlbk (Detached)
4 Sockets in /var/run/screen/S-root.

Lalu attach ke screen yang kita inginkan dengan menyantumkan id prosesnya:

screen -r 344074

Jika ingin menterminate proses screen, attach terlebih dahulu ke proses screen yang ingin di kill, kemudian tekan tombol ctrl+a, kemudian tekan tombol K (shift+k), kemudian tekan y.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here