Anda sebagai training consultant atau training organizer, ketika membuat sebuah produk training baru, seringkali dibuat pusing dengan pertanyaan, berapa harga yang tepat untuk ditawarkan ke konsumen?

Berikut beberapa tips agar anda lebih mudah dalam menentukan pricing yang tepat.

[1] Hitung Biaya Produksi

Kalkulasi dulu dengan teliti, berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk membuat dan menjalankan sebuah pelatihan. Lalu tentukan berapa jumlah peserta minimal yang anda inginkan untuk mencapai break even point. Dari situ anda bisa dapatkan berapa harga jual produk pelatihan anda.

[2] Lihat Kondisi Pasar

Lakukan riset terhadap kompetitor anda. Apa yang mereka tawarkan pada program yang serupa, dan berapa level pricing mereka. Bandingkan dengan program yang anda buat.

Perhatikan juga demand dari program tersebut. Semakin sering anda menjalankan program, semakin paham anda dengan demandnya.

[3] Tentukan Strategi Pricing

Setelah anda menemukan pricing yang tepat, anda bisa membuat package yang berbeda untuk melayani ceruk dengan karakteristik yang berbeda. Beberapa strategi yang umum digunakan antara lain:

  • Pay-per-course
  • Membership

Bagaimana, mudah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here