Kesalahan dan stress mirip seperti lingkaran setan. Ketika kita dalam tekanan, kita cenderung melakukan kesalahan. Kesalahan itu kemudian bikin kita tambah stress, yang mengakibatkan kita melakukan kesalahan lebih fatal. Begitu seterusnya. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut lima tips yang bisa anda coba.

[1] Kurangi kecepatan

Deadline, costumer complaint, kemacetan, meeting, membuat kita berpacu dengan waktu dan jadi terburu-buru. Buru-buru mungkin menghemat waktu anda sekian detik, namun biasanya ketika terburu-buru, kita cenderung melakukan kesalahan, yang membuat kita justru kehilangan waktu jauh lebih banyak. Lalu menjadi tambah stress.

Maka kurangi sedikit kecepatan anda, agar terhindar dari melakukan kesalahan. Tetap tenang dan lakukan dengan teliti. Dengan demikian, anda akan terhindar dari melakukan kesalahan, terhindar dari stress, dan terhindar dari kehilangan waktu lebih banyak. Anda pun menjadi lebih produktif.

[2] Buat Target yang Realistis

Target yang realistis menghindari anda dari melakukan kesalahan. Saat anda misalnya, diminta klien untuk melakukan sesuatu yang tidak realistis, maka anda harus melakukan negosiasi, agar terhindar dari melakukan kesalahan dan tertimpa stress di kemudian hari.

[3] Buat Todo List

Kadang kesalahan dan stress muncul dari tugas penting yang terbengkalai. Entah anda melupakannya, setengah selesai, atau anda terlalu dalam terhisap oleh lumpur hidup menunda-nunda pekerjaan.

Buatlah Todo List harian agar anda tidak terjebak dalam situasi seperti itu. Update secara konsisten dan jangan berhenti mengupdate list ini setiap hari. Buatlah todo list untuk esok hari pada hari ini. Selain anda bisa lebih fokus, anda juga bisa terhindar dari orang lain yang sengaja atau tidak mengalihkan anda dari fokus menyelesaikan pekerjaan penting.

[4] Recheck

Ketika anda selesai melakukan sesuatu, baik pekerjaan penting, ataupun sekedar memesan tiket pesawat atau kereta api, pastikan melakukan check sekali lagi.

Pastikan anda meluangkan waktu mengecek sekali lagi agar terhindar dari kesalahan dan stress, semisal salah mengirim email atau salah melihat waktu keberangkatan dari tiket kereta anda. Bisa dipastikan anda akan sangat stress dan kesal jika itu terjadi.

Pastikan juga untuk memeriksa pekerjaan dari tugas yang anda delegasikan ke orang lain. Minta juga kepada supervisor anda untuk mengecek pekerjaan anda sekali lagi.

[5] Minta Bantuan

Jangan malu meminta bantuan saat stress mendera. Buang rasa angkuh dan gengsi anda. Rasa bahagia dan nyaman jauh lebih berharga ketimbang gengsi, ya kan?


Ketika anda melakukan kesalahan, jangan larut dan menjadikan kesalahan tersebut mendrive hidup anda. Yang penting adalah bagaimana cara anda memperbaiki, dan melakukan inovasi agar anda bisa mengurangi kesalahan di masa depan. Anda akan menjadi lebih tenang, produktif, dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here