Pertanyaan ini umum ditanyakan kepada pencari kerja saat diwawancara, dan cukup menentukan. Bagaimana caranya agar kita bisa menjawabnya dengan ciamik? Berikut tipsnya.

Susun Strategi

Anda tidak akan bisa menjawab dengan baik jika tidak mempersiapkannya dengan baik juga. So, be prepared!

Analisa pengalaman yang telah anda miliki. Tuliskan tugas dan tanggung jawab utama setiap pekerjaan yang pernah anda jalani. Garis bawahi pencapaian yang telah anda raih. Utamakan kemampuan anda yang paling unggul dan produktif.

Kemudian, gunakan network anda untuk mencari info tentang si pemberi kerja, perusahaannya, dan posisi yang anda incar. Cek akun LinkedIn orang-orang yang terlibat di rekrutmen. Review perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Dari sini anda bisa menyusun daftar 5 top selling points dari diri anda yang bisa “dijual”.

Lalu, buatlah 5 agenda yang harus anda sampaikan saat menjawab pertanyaan ini, berdasarkan korelasi antara 5 top selling points yang diinginkan pemberi kerja, dengan daftar skill dan kemampuan kompetitif yang anda miliki, beserta pengalamannya.

5 point ini adalah basic building block untuk menjawab pertanyaan, “Mengapa kami harus merekrut anda?”. Dari sini anda bisa memprediksi apa yang sebenarnya mereka inginkan dari anda.

Latihan

Langkah selanjutnya, tulislah narasi jawaban yang cukup jelas, padat namun tidak terlalu panjang. Buatlah jawaban yang natural, sehingga anda tidak terlihat lebay. Bacalah draft jawaban anda, dan revisi hingga terdengar seperti apa yang diinginkan oleh pihak yang mengiterview. Buatlah jawaban dengan durasi sekitar 60 detik.

Contoh

Berikut contoh yang bisa anda jadikan inspirasi saat mempersiapkan jawaban.

Posisi yang ditawarkan: Senior Java Developer

5 top selling points:

  1. Pengalaman minimal 8 tahun mendevelop aplikasi Java Enterprise.
  2. Bisa berkomunikasi dengan tim development.
  3. Familiar dengan CI/CD pipeline.
  4. Terbiasa memecahkan masalah dan menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas.
  5. Familiar dengan Linux Operating System.

5 Agenda anda:

  1. lebih dari 10 tahun pengalaman pengembangan menggunakan Spring Framework dan EJB.
  2. Terbiasa bekerja dengan SCRUM methodology.
  3. Terbiasa dengan CI/CD Pipeline menggunakan git dan Jenkins
  4. Menguasai fundamental Java dan Practical JavaEE, Computer Science, algoritma dan struktur data. Sertifikasi OCJP.
  5. lebih dari 5 tahun menggunakan Ubuntu sebagai sarana bekerja.

Contoh narasi:

Selamat mencoba!

Saya memiliki pengalaman di perusahaan sebelumnya, membangun dan memelihara aplikasi berbasis JavaEE. Selain menggunakan EJB, saya juga familiar dengan Spring Framework. Di perusahaan sebelumnya, kami menggunakan CI/CD berbasis Jenkins, dengan pipeline yang mengotomasi proses pengembangan dan deployment menjadi efisien. Saya memiliki sertifikat OCJP, dan senang mendalami fundamental dari Java Programming, dan best practice di pengembangan aplikasi enterprise. Saya juga senang dengan improvement sebuah algortima dan penggunaan struktur data yang optimal. Selama ini saya memang menggunakan Ubuntu Desktop untuk environment pengembangan, familiar dengan Eclipse dan IntelliJ Idea, serta familiar dengan Bash shell Command Line Interface. Saya juga Sangat memahami bagaimana internal JVM bekerja, sehingga proses problem solving menjadi lebih efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here