Setiap coder sesungguhnya bisa mencapai financial freedom dalam karirnya, selama si coder bisa memegang kontrol atas kehidupan personal dan profesionalnya.

Kemampuan anda untuk menjadi sukses dan bebas finansial sangat bergantung pada kebiasaan anda. Cara anda berpikir, kedisiplinan, dedikasi, kesehatan, dan kebijaksanaan anda dalam pengelolaan aset memiliki peran signifikan dalam kesuksesan bisnis atau karir, dan menjadi determinan dari pencapaian tujuan.

Tips pertama kali yang perlu anda terapkan adalah: Teruslah bergerak. Sesuai dengan Hukum Gerak Newton Pertama:

An object at rest stays at rest, and an object in motion stays in motion with the same speed and in the same direction unless acted upon by an unbalanced force.

Banyak orang beranggapan programming adalah aktivitas yang nyaman bagi para introvert. Namun untuk sukses secara finansial, anda harus banyak bergerak, berinteraksi secara sosial, meeting, dan sebagainya.

Jika anda seorang coder, terutama freelance coder, lakukan hal berikut:

  • Keep contact dengan kolega anda. Dengan demikian anda menjaga kesempatan agar orang-orang tersebut mengingat nama anda pertama kali saat membutuhkan bantuan.
  • Lakukan perjalanan bisnis yang efektif. Jangan takut untuk melakukan pertemuan bisnis, bahkan dengan jarak yang cukup jauh. Pastikan pertemuan tersebut produktif untuk jangka panjang.
  • Hindari perjalanan dan meeting yang tidak produktif dan tidak penting. Latihlah diri anda untuk mengatakan tidak.

Nah, setelah anda bisa terus bergerak secara efektif, lakukan 5 hal efektif berikut untuk meningkatkan value anda:

  1. Tentukan tujuan. Anda harus memiliki tujuan sejak awal. Ingin menjadi apa, lalu pikirkan bagaimana caranya. Fokuslah pada tujuan tersebut, dan jangan mudah tergoda untuk membuang waktu pada hal lain yang tidak penting.
  2. Jadilah expert. Jadikan diri anda diatas rata-rata. Tumpuk pengalaman, bangun skill-set, belajarlah leadership, agar anda benar-benar unik dan bukan medioker.
  3. Jaga komunikasi dan tetaplah ada saat dibutuhkan. Seberat apa pun masalah di pekerjaan atau proyek, jangan hindari kontak dengan klien atau partner. Tetaplah mudah dihubungi dalam situasi seburuk apapun, dan hadapi dengan baik.
  4. Tentukan prioritas. Tentukan project atau pekerjaan mana yang ingin anda prioritaskan. Jangan ingin garap semuanya dalam satu waktu.
  5. Jangan takut kehilangan klien. Jika anda telah bekerja dengan sangat profesional, namun klien anda terlalu demanding dan kelewat batas, jangan takut untuk kehilangan klien model begini. Jika anda exhausted dengan mereka, anda tak akan bisa berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here