Disiplin dan terus belajar: dua modal utama menjadi seorang programmer handal dan sukses.

Disiplin yang kuat memberikan framework bagi seorang programmer dalam belajar, menyelesaikan tugas, tumbuh secara profesional, dan mencapai tujuan. Disiplin menjadi sebab anda beda dengan programmer lain yang menjadi medioker dan mengerjakan tugas yang sama berulang-ulang setiap hari, tanpa ada kemajuan.

Berikut langkah membangun disiplin agar anda tidak jadi programmer medioker:

  1. Bangun lebih pagi. Kebanyakan programmer handal seperti Steve Jobs dan Elon Musk, bangun lebih pagi. Mereka melakukan aktivitas belajar dan kreativitas sejak pagi, lalu melakukan aktivitas bisnis di jam kerja. Sangat sedikit programmer dengan financial freedom yang tidur hingga larut malam dan bangun siang.
  2. Dedicated time untuk kerja dan belajar. Disiplinkan diri untuk bekerja dan belajar sesuai waktu yang dialokasikan setiap hari. Jangan kalah dengan interupsi, entah itu sosial media, ataupun obrolan gak penting dengan teman kantor.
  3. Dedicated space. Terutama jika anda freelancer dan remote coder. Pastikan memiliki tempat kerja yang nyaman dan sehat. Jika kerja kantoran, siasati supaya tidak terlalu banyak waktu habis di jalan percuma.
  4. Kerjalah dengan efisien. Jangan sampai smartphone anda bikin anda menjadi dumb.
  5. Tentukan prioritas, buat daftar tugas harian dan pastikan anda patuhi dengan baik.
  6. Tulis code dengan disiplin. Jangan sampai terjebak pada anti-pattern yang membuat anda selamanya menjadi programmer medioker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here