Linus Torvalds, kreator Linux yang dikenal temperamental, mengatakan, jika ia bisa memperbaiki satu kesalahan di internet, satu hal itu adalah media sosial.

“Saya sangat membenci media modern – Twitter, Facebook, Instagram. Ini penyakit. Mereka mendorong perilaku buruk.” Demikian disampaikan Linus pada sebuah interview di Linux Journal.

Ia menyoroti bagaimana media sosial mendorong engagement setinggi mungkin dengan cara apapun. Model like dan share di media sosial saat ini, menurut Linus adalah sampah.

Menurutnya model engagement di media sosial saat ini minim kontrol kualitas, penuh click-bait, dan cenderung didesain untuk memunculkan respon emosional, bahkan terkadang hingga pada level kemarahan.

Hasil akhir dari interaksi seperti ini, menurut Linus, hanyalah memunculkan perang argumen dan perilaku negatif yang tidak akan muncul pada interaksi face-to-face.

“Tambahkan anonimitas, maka interaksi menjadi semakin menjijikkan.” Ujar Linus. “Ketika akun anonim bertebaran, orang akan menshare sampah tanpa rasa tanggung jawab sama sekali.”


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here