Seringkali kita memulai hari dengan begitu banyak pilihan. Mulai dari mau pakai baju yang mana, hingga sarapan apa. Sore hari pun demikian, kita dihadapkan pada pilihan, semisal mau makan malam apa.

Rata-rata manusia dewasa mengambil keputusan hingga 35 ribu kali dalam sehari. Mulai dari yang paling penting hingga urusan receh. Mulai dari memilih pasangan capres-cawapres (yang sangat melelahkan ituh) hingga mau belok kiri atau belok kanan. Dengan sumber daya mental yang terbatas dan pilihan yang harus diambil begitu banyak, kita jadi mudah mengalami kelelahan mental.

Terlalu banyak menggunakan otak untuk pilihan yang kurang relevan bisa menekan produktivitas. Sebaliknya, jika kita mengatur sedemikian rupa sehingga menekan jumlah pengambilan keputusan setiap hari, maka kita akan menjadi semakin produktif.

Jangan menghabiskan energi pikiran untuk menentukan baju apa yang mau kita pakai, atau pagi ini sarapan apa. Gunakan energi mental hanya untuk keputusan yang penting-penting saja.

Berikut contoh aktivitas memilih yang bisa kita jadikan autopilot:

Pakai yang Mana Pagi Ini?

Gunakan pakaian yang sama setiap pagi, seperti yang dilakukan oleh Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Obama, dan Albert Einstein.

Minimalkan jumlah pilihan pakaian anda dan buat variasi sesedikit mungkin.

Sarapan Apa Hari Ini?

Makan hal yang sama setiap hari, tentu saja dengan memperhitungkan kebutuhan gizi. Masaklah masakan yang simple dan rotasikan untuk pilihan sarapan, makan siang, dan makan malam.

Ya, sesekali makan yang berbeda ok lah, asal tidak terlalu sering.

Olahraga!

Olahraga secara teratur memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh dan pikiran. Ia meningkatkan level energi, daya tahan dan produtivitas. Pelepasan hormon endorfin saat olahraga juga bisa menjadi mood booster, meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, dan menekan risiko penyakit.

Pastikan anda berolahraga setiap hari, bahkan jika hanya sempat selama 15 menit saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here