Programmer Komputer adalah profesi yang lumayan oke untuk dijalani. Bisa felksibel memilih waktu dan tempat kerja, dan terus tumbuh mengikuti perkembangan teknologi.

Satu-satunya penghalang seseorang memulai karir sebagai programmer adalah kurangnya pengetahuan bagaimana cara yang tepat belajar programming. Bahkan kampus terbaik pun tidak bisa memberikan jaminan lulusan ilmu komputer atau teknik informatikanya bisa memulai karir sebagai programmer dengan ciamik.

Apa saja yang harus dihindari, dan bagaimana cara yang tepat belajar pemrograman komputer? Berikut Dos and Don’tsnya.

The Don’ts

Kebanyakan riset, malas latihan

Browsing, membuka banyak tab, download ribuan pdf. Beli buku tebal, merencanakan belajar, lalu berhenti disitu. Membaca memang penting, tapi dalam dunia pemrograman, latihan jauh lebih penting. Lakukan latihan sejak hari pertama belajar, dan lakukan terus setiap hari, jangan pernah berhenti.

Programming seperti berenang, kita tak akan bisa melakukannya hanya dengan membaca buku atau menonton video, tanpa latihan sama sekali.

Belajar tanpa arah dan tujuan

Tidak sedikit para programmer wannabe yang memiliki semangat belajar tinggi, namun akhirnya tersesat di hutan belantara programming. Tersesat diantara begitu banyaknya pilihan dan trend baru yang muncul. Kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari ribuan jam belajar tanpa tujuan. Pagi ini ingin jadi programmer Java Enterprise, sorenya sudah berubah ingin jadi full stack JavaScript developer. Ini bahaya sekali.

Menentukan tujuan yang tepat juga bagian dari keberhasilan kita. Jika kita belajar dengan tujuan sejedar mendapatkan bayaran yang tinggi, kita tidak akan kemana-mana. Belajarlah dengan tujuan menyelesaikan titik permasalahan orang lain, dan dengan penuh passion menyelesaikannya dengan sabar

Bernafsu menguasai terlalu banyak teknologi sekaligus

Pengembangan software adalah samudera yang penuh dengan pilihan dan perangkat serta keahlian. Jika kita bernafsu mempelajari semuanya yang muncul dan tampak menarik, maka kita akan berakhir menjadi programmer di bawah medioker. Kita tau banyak hal tapi sangat dangkal.

Tentukanlah tujuan belajar, fokuslah menjalaninya sesuai dengan target dan kerangka waktu yang telah ditetapkan.

Membuat jeda dalam belajar

Belajar pemrograman menuntut kita untuk belatih setiap hari tanpa jeda, utamanya untuk pemula. Semakin sering dan panjang kita membuat break dari latihan, semakin sulit kita untuk memulai latihan kembali.

Mempelajari semuanya sendirian

Dengan era internet dimana semua hal bisa diakses secara online, membuat programmer pemula terjebak kepada anggapan, bisa mempelajari semua hal secara mandiri. Ya, mungkin saja bisa, namun kita tidak akan bisa melakukannya secara efektif dan efisien.

Agar efisien, anda bisa belajar secara bersama-sama dalam forum di internet, ikut menjadi kontributor proyek open-source, mengikuti pelatihan yang bagus, baik dalam bentuk kelas offline maupun online.

Rahasia Sukses Belajar Bahasa Pemrograman

  • Jadwalkan waktu belajar dan latihan dengan baik, atasi semua gangguan dan distraksi. Latihan dan belajar setiap hari, akan membuat anda jadi programmer hebat, bukan dengan chat, tweet, atau FBan setiap hari.
  • Coding setiap hari. Teruskan berlatih setiap hari, karena satu hari saja kita melewatkan latihan, kita akan kehilangan momentum dan sulit untuk memulainya kembali.
  • Ikutlah forum, jadi kontributor, bertanyalah tanpa rasa malu, namun pastikan bertanya yang tepat dan di level anda sudah frustasi. Jangan bertanya hal sepele yang bisa anda temukan jawabannya dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here